OPLOZITE – Tahukah Sobat Oploz,ternyata Nyamuk kencing saat menghisap darah. Wih,hangseur. Serangga penghisap darah seperti Nyamuk ternyata punya perilaku aneh saat menghisap darah. Seperti yang telah di ketahui sebelumnya oleh para ahli,nyamuk kencing terlebih dahulu. Dan,di luar dugaan Nyamuk juga mengeluarkan cairan pre-Urin berupa darah. Perilaku tersebut membuat para ilmuwan bingung. Claudio R Lazzari,entomolog dari Francois Rabelais University in Tour ,Perancis seperti di kutip New York times mengatakan,”darah adalah sesuatu yang sangat berharga."Melepaskannya berisiko tinggi.”

Penelitian terbaru yang di lakukan Lazzari dan di publikasikan di Jurnal Current Biology mengungkap bahwa pengeluaran cairan Pre-Urin yang di lakukan Nyamuk bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh saat makan,yang bisa mencapai 40 Derajat Celsius.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu Lazzari,saat Urin dan Pre-Urin di keluarkan,cairan menguap dan mendinginkan suhu tubuh hingga mencapai 3 derajat Celsius. Mekanisme ini adalah salah satu kehebatan Nyamuk dalam mengontrol suhu tubuhnya. Nyamuk bukan satu-satunya serangga yang menggunakan makanannya sendiri untuk mengatur suhu tubuhnya. Lebah misalnya,membuang sedikit nektar yang di makannya untuk menjaga kepala tetap dingin saat terbang.


Sumber

0 comments:

 
Oplozite © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top