OPLOZITE- China merupakan negara terkenal dengan banyak hal. Mulai dari penduduknya yang padat,tembok besar China yang menjadi salah satu warisan sejarah. Untuk yang terlebih populer lagi adalah barang-barang palsunya (KW) di perdagangannya kini di dunia. Barang tersebut,mulai dari Tas,Elektronik dan tentu saja barang yang lainnya.


Tapi sobat,tak sampai di situ saja China juga memproduksi secara besar-besaran barang-barang palsu yang lainnya. Mungkin yang lebih mengejutkan lagi,China juga memproduksi makanan palsu. Loh,nggak terkejut? Hehe


Sobat yang sudah tahu dan mendengar hal ini pasti tak terkejut yah. Hehe

Oke,simak  apa saja makanan yang palsu yang berasal dari China.

1. Beras palsu/plastik



China berhasil memalsukan beras yang bahan dasarnya dari kentang,ketela rambat dan bahan sintetis resin (plastik). Semua bahan tadi dicampur dan dibentuk persis seperti beras. Beras ini disebut beras  plastik. Beras ini banyak dijual di daerah Taiyuan,Provinsi Shaanzi.
Ngeri yah sobat!

Cara untuk membedakannya adalah jika di masak beras plastik akan tetap keras dan susah untuk dicerna. Jelas beras plastik ini sangat berbahaya untuk  dikonsumsi. Terjadi pencampuran beras plastik dengan beras yang asli oleh pedagang yang kemudian nanti dijual.  Dari 10 ton beras yang terjual, diperkirakan hanya 1 ton beras yang asli.


2. Daging domba palsu


Daging domba digantikan dengan daging tikus,rubah dan carpelai yang dicampur dengan bahan zat kimia nitrat, gelatine, dan carmine sebelum dijual. Kejadian ini marak sekali di China,dan juga sudah melakukan penangkapan besar-besaran dan razia untuk menghentikan penyebarannya. Untuk dapat membedakan daging domba asli dan palsu,adalah meski sekilas terlihat sama bahkan mirip tetapi ketika direbus/dimasak daging palsu sangat muah dibelah atau dipotong.


3. Tahu palsu

Yah,yang satu ini di kita juga ada yang palsu kan?
Tahu yang terbuat dengan bahan dasar utama Kacang Kedelai ini di China pedagang mengaku, mereka mencampur protein kedelai dengan tepung, kemudian menambahkan zat kimia seperti monosodium glutamate, pigmen, es dan rongalite yang biasa  digunakan untuk membuat pakaian. Setelah siap mereka mengemasnya dengan nama pabrik yang memproduksi tahu asli.


4. Roti dari kardus

 
Sekelompok orang di China memotong-motong kardus kemudian mencampurkannya dengan zat kimia,soda dan perasa daging babi. Selanjutnya mereka membuatnya dengan mencampurkannya menggunakan roti yang disebut baozi.


5. Kepiting Yangcheng palsu


 
Kepiting jenis ini sangat terkenal di China untuk menjadi bahan makanan dan cukup mahal. Banyak cara untuk memalsukan jenis kepiting ini,dari mulai meletakkan kepiting biasa yang berasal dari danau Yangcheng, hingga menggunakan bahan kimia agar mirip dengan kepiting Yangcheng asli yang memiliki banyak rambut. Meski tampak tidak berbahaya, jika dikonsumsi jangka panjang akan berdampak pada kesehatan. Diperkirakan dai 100.000 ton hanya 3.000 kepiting Yangcheng yang asli. 



6. Mie

 

Pedagang di China menggunakan tepung beras yang sudah basi dan berjamur. Wah,apalagi kalau berasnnya dari beras plastik pasti lebih berbahaya lagi. Hehehe

Yang seharusnya nasi yang sudah basi dan berjamur diberikan untuk makanan ternak,ini malah diberikan pada manusia untuk di konsumsi. Untuk terlihat mie ini layak makan pedagang menggunakan beberapa zat kimia yang bisa menyebabkan kanker,seperti sulfur dioxida, pemutih dan  boraks. Menurut kepolisian China diperkirakan terdapat 35 pabrik mie palsu ini yang berhasil di tangkap. Pabrik mie palsu ini mampu memproduksi 500.000 kilogram yang dijual ke pasaran. 



7. Daging babi



Alhamdulillah kita sebagai umat Islam telah di haramkan untuk menkonsumsi daging ini. Dan sudah terbukti dengan mengkonsumsi daging hewan ini menurut medis sangatlah berbahaya. 

Kembali lagi ke China,para peternak menjual daging ini yang sebelumnya di campur dengan zat kimia clenbuterol. Zat kimia ini sebenarnya sudah dilarang oleh pemerintah China. Meski zat ini dapat membakar lemak pada hewan agar daging lebih empuk,akan tetapi jika di konsumsi manusia sangatlah berbahaya.
Tercatat pada tahun 1998 hingga 2007,satu orang meninggal dan 1.700 lainnya sakit akibat menkonsumsi daging yang di beri clenbuterol.

Jadi sobat,harus hati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Mungkin saja,dari bahan-bahan makan yang akan kita makan sudah tercampuri bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Sumber : Merdeka
 

0 comments:

 
Oplozite © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top