Oplozite- Rabu,16 Oktober 2014. Masyarakat Ujungjaya menggelar Tradisi Adat Istiadat/Hajat Bumi menjelang musim penghujan.
Tradisi ini sudah sejak dulu ada dan sudah turun temurun. Tradisi ini dilaksanakan setiap setahun sekali pada bulan Oktober.
Acara adat ini di adakan di tempat Sumur Cikajayaan/Cikahuripan. Dalam acara ini dilakukan pula pembersihan/menguras Sumur(Pemandian) itu sendiri secara gotong royong oleh masyarakat setempat.
Dalam hal ini pula masyarakat berdoa bersama-sama kepada Allah SWT atas rasa bersyukur. Warga setempat pula membuat Nasi Tumpengan yang nantinya untuk di santap bersama setelah melakukan doa bersama.
Acara berlanjut ke pentas Seni Gamelan yang bernama Ajeng yang mengiringi kegiatan membersihkan/menguras Sumur(Pemandian). Nah,yang menarik dalam acara Ajeng itu sendiri adalah para penarinya. Mereka menari tapi seolah-olah itu bukan mereka(Kesurupan). Wa allahu alam. Mereka melenggak-lenggok mengikuti irama gamelan. Ada tingkah-tingkah lucu pada tiap-tiap penarinya. Ada yang suka marah-marah,ada yang suka bercanda(Penari).
Acara tradisi ini berjalan dengan meriah. Ya,tentunya kita harus selalu melestarikan Adat Istiadat dan Kebudayaan yang kita miliki. Peduli terhadap lingkungan,eratkan ikatan silaturahmi & tumbuhkan rasa cinta budaya.
Salam Oplozer

0 comments:

 
Oplozite © 2016. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top